PT Pertamina Lubricants, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri di pasar domestik dan internasional mengikuti pameran di KBRI Hanoi, Vietnam. Pameran bertajuk ‘Remarkable Indonesian Product Display’ tersebut digelar dalam rangka APEC Economic Leader’s Week (KTT APEC).

Selain Pertamina, 16 perusahaan asal Indonesia yang telah memiliki usaha di Vietnam dan 8 perusahaan yang telah mengekspor produknya ke Vietnam juga mengikuti pameran yang digelar pada 9-12 November 2017 ini.

Perusahaan dari berbagai bidang yang berpartisipasi di pameran ini meliputi meliputi industri suku cadang, ban dan oli kendaraaan, packaging, serta spring bed. Ada juga industri makanan dan minuman, pakan ternak atau peternakan, farmasi dan kesehatan, produk batik dan kerajinan, properti, hingga pariwisata.

“Dalam kesempatan kali ini, kami turut bangga bisa mewakili Indonesia untuk segmen pelumas baik untuk pelumas otomotif maupun segmen industrial. Kami memiliki komitmen untuk terus memperlebar sayap di kancah internasional,” ungkap Vice President Sales & Marketing Overseas PT Pertamina Lubricants Arifun Dhalia.

Pertamina Lubricants kembali memperkenalkan seluruh varian produk pelumas untuk segmen otomotif dan industri. Pertamina Lubricants berkomitmen terus mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan ekonomi negara melalui kegiatan ekspor.

Sebagai produsen dan marketer produk pelumas berkualitaaas tinggi dan berstandar internasional, Pertamina Lubricants hadir di Vietnam berkolaborasi dengan distributor lokal di sana.

“Sampai saat ini, kami sudah ekspansi ke 14 negara dan memiliki 16 distributor pelumas di luar negeri. Untuk penetrasi secara global, kami gencar menjajaki kerja sama strategis dan kami juga menerapkan multi distributorship,” sambung Arifun.

Menurut Arifun, melalui ekspansi dan kerja sama dengan distributor, kesempatan akan semakin luas dan penetrasi akan semakin gencar. Salah satu upaya penetrasi yang telah dilakukan yaitu memasuki pasar Vietnam untuk sektor semen, plywood, dan transportasi.

“Ke depannya kami berharap bisa terus membawa Pertamina ke ranah global dan meyakinkan konsumen di dunia bahwa mutu dan kualitas produk asli Indonesia tidak perlu di ragukan lagi, khususnya untuk sektor lubricants. Kami yakin dengan kapabilitas pabrik kami, SDM kami serta mutu dari riset dan pengembangan produk kami yang sudah berstandar dunia, kami bisa bersaing dipasar internasional dengan baik,” tutup Arifun.

Saat mengikuti pameran di Hanoi, booth Pertamina Lubricants mendapatkan kunjungan dari Menteri Perindustrian Airlanggan Hartanto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Sumber